Jumat, 17 September 2010

Manfaatkan Potensi Wisata Kita

Alam Sumatera Barat yang kita diami saat ini sebenarnya memiliki beragam potensi yang dapat dikembangkan secara maksimal. Di antara potensi tersebut, sektor pariwisata merupakan salah satu yang layak kita perhitungkan. Dapat terlihat jelas dari keadaan alam, budaya, dan penduduk yang sangat beraneka ragam yang sudah semestinya mampu menjadikan sumatera barat sendiri sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia.

Selain itu kita juga memiliki culture yang sampai saat ini masih exist di setiap daerah yang ada di Sumatera Barat. Ada Tabuik Pariaman, Rabab Pasisia, makan bajamba dan sebagainya. Hal lainnya yang juga dapat kita lestarikan yaitu seperti tarian-tarian daerah, bangunan bersejarah dan makanan Sumatera Barat yang sudah pasti dikenal sebagian besar masyarakat Indonesia yaitu masakan Padang. Dan tentu saja masih banyak hal lainnya yang masih dapat kita kembangkan.

Namun sayangnya sebagian kita tidak menyadari akan hal itu. Jika kita lihat kondisi fisik dari tempat-tempat wisata yang ada masih belum mencapai standar tujuan wisata yang diinginkan sebagian besar pengunjung. Kurangnya sarana dan prasarana yang ada, kebersihan dan ketertiban, yang membuat tingkat kenyamanan dari pengunjung sendiri tidak terpenuhi.

Contoh yang real saja, masih kita temukan masyarakat yang BAB di pinggir pantai, pungutan parkir liar yang mana hal ini sangat mengganggu pengunjung. Di lain hal, masih kurangnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah juga menjadi kendala yang berarti dalam mengembangkan sektor ini.

Saatnya ada sinergi antara masyarakat dengan pemerintah, khususnya pemerintah daerah dalam usaha pengembangan pariwisata Sumatera Barat. Apalagi para generasi muda yang merupakan cerminan dari suatu daerah ataupun negara sangat pantas rasanya untuk kita dapat memberikan yang terbaik bagi Negara, minimal untuk daerah kita sendiri. Sehingga dengan semangat yang ada pada setiap individu masyarakat dalam memajukan daerahnya, khususnya para generasi muda, sangat tidak mustahil daerah tersebut dapat berkembang dengan baik.

Apalagi sekarang yang sedang hangat dibicarakan yaitu tentang otonomi daerah sesuai dengan UU No. 22 Tahun 1999 dan UU No. 32 Tahun 2004, dimana masing-masing daerah memiliki hak untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Sehingga dengan demikian setiap daerah bebas mengembangkan sumberdaya yang ada. Nah, semuanya tinggal pemerintah daerah dan masyarakat yang harus lebih jeli dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki daerah masing-masing. Begitupun dengan Sumatera Barat sendiri yang sebenarnya memiliki potensi yang besar dalam sektor pariwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar