Rabu, 28 Juli 2010

Kiat Mulai Berbisnis

PADANG—Banyak orang yang memulai bisnis dengan coba-coba, sedikit di antaranya berhasil, namun lebih banyak yang gagal dan akhirnya gulung tikar. Akibatnya, banyak orang termasuk lulusan perguruan tinggi yang lebih memilih menjadi karyawan ketimbang berwira usaha.
Sebenarnya apa saja yang dibutuhkan saat akan memulai berbisnis. Berikut beberapa tipsnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Informasi
Kumpulkan informasi mengenai bidang yang akan anda tekuni, baik dari berbagai buku, koran, maupun internet. Melakukan observasi langsung ke usaha sejenis untuk mendapat gambaran langsung juga sangat bagus dilakukan.

Cintai Bisnis yang Akan Anda Pilih
Jika anda sudah menentukan bisnis apa yang akan ditekuni, maka anda harus benar-benar melebur ke dalam bisnis itu. Jika anda mencintai bisnis anda, etos kerja akan meningkat dan tidak gampang menyerah meskipun beberapa kali mendapat kendala.

Berani Ambil Resiko
Berani mengambil resiko sangat penting untuk pengembangan usaha ke depan dengan catatan resiko tersebut sudah diperhitungan dan tidak gegabah.

Menyiapkan Modal
Menyiapkan modal awal sangat penting, apakah berasal dari modal perseorangan, join, maupun berasal dari pinjaman. Jika modal berasal dari pinjaman, usahakan bunganya tidak memberatkan dan masih bisa dibayar dengan laba yang akan didapat.

Perizinan
Sebelum memulai usaha, pelajari seluk beluk perizinan serta badan hukum. Setelah itu urus izin sesuai prosedur.

Pemasaran
Anda harus mempelajari kemana saja pasar produk anda, teknik memasarkannya, kiat promosi dan strateginya.

Membangun Brand yang Kuat
Membangun brand yang kuat harus dilakukan sedari awal oleh seorang usahawan. Brand yang kuat relatif lebih mampu bertahan lama.
Ahli marketing Hermawan Kertajaya dalam sebuah seminarnya pernah mengatakan, dalam membangun brand, perusahaan tidak boleh hanya mengandalkan iklan. Karena itu Hermawan mengatakan, cara membangun brand adalah dengan membentuk bisnis yang dicintai oleh karyawan perusahaan, masyarakat, dan pemilik modal.

Kembangkan Jaringan
Carilah jaringan seluas-luasnya terutama yang berkaitan dengan bisnis anda. Siapa tahu dari mereka, anda akan mendapat banyak masukan dan pemasaran baru.

Jangan Takut Gagal
Menghadapi kegagalan di masa-masa awal adalah hal biasa dalam berbisnis. Jangan
pernah takut dan jangan cepat menyerah. Pelajari penyebab kegagalan, lakukan evaluasi dan segera melakukan perbaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar